PELATIHAN PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH

PELATIHAN PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH

DESCRIPTION PELATIHAN PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH 

Salah satu fungsi perbankan dan lembaga keuangan yaitu lembaga intermediasi untuk menyalurkan fasilitas kredit baik kredit UKM, kredit Mikro, Kredit Konsumtif maupun kredit korporasi. Sesuai dengan peraturan Bank Indonesia, sebelum fasilitas kredit diberikan kepada debitiur wajib dianalisa kelayakan debitur untuk dibiayai terutama dari segi karakter, kelayakan bisnis, kondisi keuangan, prospek bisnis, agunan dan legalitas. Untuk itu analisa kredit merupakan faktor penting bagi Bank untuk mencegah Bank dari kredit bermasalah (NPL). Namun demikian karena pemberian kredit didasarkan pada data past performance dan proyeksi ke depan serta atas dasar kepercayaan, maka masih terdapat resiko kredit bermasalah dan macet. Kredit apabila sudah bermasalah maka harus segera diselesaikan baik dengan penagihan, pelunasan, penjualan asset/ jaminan, offset jaminan, restrukturisasi kredit dan litigasi. Training ini akan memberikan pemahaman mengenai manajemen penyelesaian kredit bermasalah.

Untuk setiap kredit yang diberikan tidak menutup keungkinan sebagian akan menjadi kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL). Kredit bermasalah tsb diakibatkan karena faktor external atau internal bank. Bila tidak segera diselesaikan maka kredit tsb akan sulit tertagih dan akan menjebabkan  kerugian bagi bank dan akan mengurangi modalnya. Selanjutnya ekspansi kredit bisa terhambat.

Kebijakan dan prosedur ini akan dipakai sebagai acuan pejabat perkreditan untuk menjalankan fungsinya sebagai unit bisnis, unit risiko dan unit support/ credit operation. Dengan mengikuti ketentuan-ketentuan tsb diharapkan kualitas kredit yang diberikan akan menjadi lebih baik sehingga pendapatan bunga bank akan meningkat.

Modul ini memberikan pengetahuan kepada peserta hal-hal untuk mengenali tanda-tanda kredit mulai bermasalah, perlakuannya dan cara penanganannya apakah diselamatkan atau diselesaikan

OBJECTIVES

  • Mengetahui tanda-tandakredit bermasalah/ early warning system.
  • Memahami sebab terjadinya kredit menjadi bermasalah dan menentukan langkah-langkah penyelesaiannya
  • Memahami kriteria–kriteria kredit untuk diselamatkan atau diselesaikan
  • Memahami cara penyelamatan kredit misalnya dengan rescheduling, reconditioning dan restructuring (R3) atau dengan penyelesaian kredit misalnya dengan penjualan agunan, lelang dsb
  • Memahami pengertian dan  proses pelaksanaan hapus buku dan hapus tagih

OUTLINE PELATIHAN PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH 

  1. Penyebab dan Tanda-tanda kredit bermasalah;
  2. Deteksi Dini kredit yang berpotensi menjadi bermasalah dan melakukan langkah-langkah awal penanganannya;
  3. Aspek hukum kredit bermasalah;
  4. Aspek psikologis penagihan;
  5. Alternatif-alternatif penyelesaian kredit bermasalah : pelunasan, penjualan agunana/asset, offset jaminan, restrukturisasi kredit dan litigasi;
  6. Decision Making untuk penyelesaian kredit bermasalah;
  7. Adminsitrasi dan Dokumentasi;
  8. Negosiasi dan mediasi efektif;
  9. Diskusi dan Study Kasus

PARTICIPANTS

Account Officer Kredit & AO Penyelesaian Kredit, Pengawasan & Audit Intern, Manager Kredit/ penyelesaian kredit, Pemimpin Cabang

METHODE

Presentasi
Case Study
Discussion

 

Simulation
Evaluation

 INSTRUCTOR

 Supanto, S.H., M.Hum and Team

 FASILITIES

Souvenir
Training Kit
Modul
Certificate

Jadwal Pelatihan CV. Lokal Media Training

24 – 26 Januari 2017

21 – 23 Februari 2017

14 – 16 Maret 2017

10 – 12 April 2017

02 – 04 Mei 2017

05 – 07 Juni 2017

04 – 06 Juli 2017

02 – 04 Agustus 2017

05 – 07 September 2017

03 – 05 Oktober 2017

07 – 09 November 2017

05 – 07 Desember 2017

Lokasi Pelatihan :
•    Yogyakarta, Hotel Dafam Malioboro (6.000.000 IDR / participant)
•    Jakarta, Hotel Amaris Tendean (6.500.000 IDR / participant)
•    Bandung, Hotel Golden Flower (6.500.000 IDR / participant)
•    Bali, Hotel Ibis Kuta (7.500.000 IDR / participant)
•    Surabaya, Hotel Amaris(6.00.000 IDR / participant)
•    Lombok, Hotel Jayakarta(7.500.000 IDR / participant)

Investasi Pelatihan tahun 2017 ini :
•    Investasi pelatihan selama tiga hari tersebut menyesuaikan dengan jumlah peserta (on call). *Please feel free to contact us.
•    Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

 INFORMATION & REGISTRATION

Lokal Media Training Department

Jln. Palagan KM 7 No 33, Sedan, Sariharjo,

Ngaglik, Sleman, Yogyakarta

Telp. (0274) 283 238 9

Marketing Manager: Fitri Badriah

0823 2208 6900 (WA)

0857 4372 5202

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s